Monthly Archives: September 2015

5 Tips Agar Proses Persalinan Nanti Terasa Mudah

tips menjelang persalinan

Menjelang dan juga saat proses persalinan adalah hal yang paling banyak di khawatirkan oleh sebagian ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh banyaknya anggapan bahwa proses persalinan begitu menyakitkan. Walaupun memang sedikit ada benarnya, pendapat tersebut tidak seharusnya membuat ibu hamil khawatir yang berlebih saat menjelang kelahiran buah hati. Ada beberapa tips yang dapat membantu mempermudah proses persalinan kelak agar ibu maupun bayi merasa nyaman.

Namun tentu saja setiap tips berikut ini tidak semuanya berlaku pada setiap ibu, anda dapat menyusun perencanaan personal untuk proses persalinan dengan mencantumkan beberapa tips ini agar proses persalinan menjadi mudah.

  1. Metode Pernafasan

Mengatur pernafasan dengan pelan dan fokus akan membuat ibu merasa tenang saat akan menjalani proses persalinan. Nafas yang dalam pelan dan juga teratur akan mengalihkan pikiran anda terhadap rasa sakit dan kurang nyaman yang di rasakan, sehingga proses persalinan akan terasa mudah.

  1. Meditasi

Olah raga yoga sangat membantu dalam menenangkan pikiran ibu hamil dan juga menguatkan tubuh menjelang persalinan. Ibu hamil sebaiknya hati-hati dalam mengambil kelas yoga kehamilan agar gerakan dan latihan yang dilakukan tidak membahayakan kehamilan dan janin dalam kandungan.

  1. Imajinasi

Kreatif dalam berimajinasi selama proses persalinan akan mendatangkan rasa rileks pada diri anda. Gambaran positif seperti halnya pantai dapat mengalihkan stres dan kekhawatiran pada ibu hamil.

  1. Nutrisi dan Diet Kehamilan

Awal masa kehamilan dengan berat badan yang sehat akan membantu tubuh dalam mempersiapkan proses persalinan dengan lancar. Konsumsi nutrisi yang seimbang selama masa kehamilan akan membantu menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan anda. Dalam menjaga keseimbangan nutrisi selama kehamilan, ibu hamil sebaiknya banyak meminum air mineral, menghindari makanan yang mengandung zat additif, kafein dan juga perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

  1. Musik

Seperti yang sudah diketahui, musik sangat bagus bagi kehamilan dan juga janin. Alunan musik yang menenangkan sangat bermanfaat dalam merileksasi tubuh dan pikiran selama kehamilan dan menghilangkan kecemasan menjelang persalinan.

Itulah beberapa tips yang dapat anda coba dalam mengurangi rasa khawatir dan sakit menjelang saat persalinan. Semoga proses persalinan anda lancar dan selamat.

sumber: www.solusisehatku.com