7 Tips Untuk Mengurangi Sesak Nafas Waktu Hamil

Sesak nafas merupakan hal yang biasa dirasakan oleh ibu hamil. Terlebih lagi jika usia kehamilan sudah memasuki tahap akhir. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka janin di dalam kandungan akan mengalami pertumbuhan yang semakin pesat sehingga diafragma dan paru-paru akan terdorong naik dan terjadi perubahan dari posisi normal. Sesak nafas saat hamil tidak akan membahayakan, namun akan mengganggu kenyamanan Anda dalam melakukan aktivitas.

sesak napas saat hamil

Sesak nafas saat hamil tidak hanya diakibatkan oleh pertumbuhan janin, namun bisa juga diakibatkan oleh berat badan ibu hamil yang bertambah. Selain itu sesak nafas pada waktu hamil bisa dipicu oleh penyakit tertetntu pada ibu hamil seperti anemia. Perlu Anda ketahui bahwa pada waktu anemia tubuh akan bekerja lebih keras dalam menghasilkan oksigen untuk mencukupi kebutuhan oksigen janin dan tubuh Anda sendiri. Kondisi tersebut menyebabkan nafas Anda akan terasa lebih sesak.

Jika sesak nafas yang dialami oleh ibu hamil masih bersifat normal dan bukan merupakan penyakit serius maka tidak perlu mendapat penanganan medis. Akan tetapi jika sesak nafas tersebut akibat penyakit asma maka harus segera mendapatkan penanganan yang benar dari dokter agar tidak membahayakan perkembangan janin dan keselamatan ibu hamil.

Tips Untuk Menghilangkan Sesak Nafas Pada Waktu Hamil

  1. Mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi

Salah satu tips untuk menghilangkan sesak nafas pada waktu hamil yaitu dengan mencukupi kebutuhan zat besi untuk tubuh. Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran hijau, buah-buahan ataupun daging merah. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit anemia yang merupakan pemicu sesak nafas pada waktu hamil. untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh, maka konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C seperti buah-buahan.

  1. Olahraga

Cara mengurangi sesak nafas waktu hamil yang selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga khusus ibu hamil secara rutin. Anda bisa mengikuti kelas olehraga yang dikhususkan untuk ibu hamil sehingga menunjang keamanan dan keselamatan janin di dalam kandungan. Olahraga bermanfaat untuk melancarkan sistem sirkulasi darah. Jika aliran darah normal maka akan menjauhkan Anda dari sesak nafas pada waktu hamil.

  1. Istirahat

Memasuki tahap akhir kehamilan sebaiknya Anda meluangkan waktu istirahat lebih banyak. Hindari aktivitas berat yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Selain itu, jika Anda mengalami sesak nafas sebaiknya tidak melakukan banyak aktivitas. Istirahat yang cukup merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa Anda lakukan selama hamil.

  1. Sesuaikan aktivitas dengan tahap kehamilan

Jika Anda merasakan sesak nafas pada waktu hamil maka alangkah lebih baiknya apabila Anda menyesuaikan setiap pekerjaan dengan tahap kehamilan. Semakin besar usia kehamilan maka aktivitas yang dilakukan sebaiknya semakin ringan dan sedikit.

  1. Hindari soda dan kafein

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi ataupun minuman bersoda karena bisa menghambat penyerapan zat besi. Kekurangan zat besi memicu penyakit anemia yang mengakibatkan sesak nafas.

  1. Posisi tidur yang nyaman

Sesuaikan posisi tidur Anda pada malam hari untuk mengurangi sesak nafas. Gunakan posisi yang aman dan nyaman dengan cara menggunakan beberapa bantal sehingga posisi kepala lebih tinggi dari badan. Dengan begitu perasaan tidak nyaman akibat sesak nafas, perlahan akan menghilang.

  1. Makanan sehat

Konsumsilah makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang. Makanan bergizi akan menjaga berat badan ideal Anda selama hamil sehingga mencegah dan mengatasi sesak nafas. Kelebihan berat badan selama hamil sangat beresiko bagi janin danmenyebabkan Anda sesak nafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>