9 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa-masa penting untuk menjaga tumbuh kembang calon buah hati selama sembilan bulan agar kebutuhan nutrisi bayi dalam kandungan dapat terpenuhi dengan baik. Pada kondisi tertentu, beberapa gangguan kesehatan dapat saja terjadi pada wanita hamil terlebih pada trimester pertama meskipun tiap wanita punya perbedaan saat mengalaminya, seperti mual, pusing dan tidak selera makan.

makanan sehat untuk ibu hamil

Oleh karenanya sebisa mungkin ibu hamil mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang ibu konsumsi tiap harinya terlebih di usia kehamilan trimester pertama. Pada masa tersebut janin sangat memerlukan asupan nutrisi yang lengkap untuk tumbuh kembangnya.

Berikut beberapa pilihan makanan yang dapat ibu pilih selama kehamilan untuk menjaga kesehatan janin ibu yang diambil dari sumber nzherald.co.nz.

  1. Bayam

Bayam merupakan makanan yang mengandung asam folat tinggi yang penting untuk pembentukan tabung saraf bayi pada awal kehamilan. Bayam juga memiliki kandungan kalsium dan zat besi dalam membantu produksi darah sehingga dapat meningkatkan kebutuhan darah selama kehamilan

  1. Telur

Kandungan gizi yang ada dalam telur yaitu protein, kolin dan lemak omega 3 yang sangat berperan dalam pertumbuhan otak janin selama masa kehamilan. Ibu hamil sebaiknya memilih telur ayam organik yang tidak mengandung zat kimia untuk di konsumsi.

  1. Beras Merah

Karbohidrat sangat dibutuhkan dalam memberikan energi untuk ibu hamil. Pada masa kehamilan sangat dibutuhkan energi yang lebih yaitu untuk ibu dan juga janin. Nasi dari beras merah mengandung serat dan antioksidan yang sangat tinggi untuk menjaga kekebalan tubuh selama masa kehamilan. Selain beras merah, karbohodrat juga bisa diperoleh pada nasi putih, jagung, kentang dan roti.

  1. Daging

Daging merupakan makanan yang mengandung zat besi yang berguna dalam memberikan asupan gizi pada plasenta dalam mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Plasenta juga diperlukan pada proses persalinan. Ibu bisa memperoleh zat besi dari daging yang tanpa lemak dan hati.

  1. Kacang-kacangan

Kacang mengandung serat dan protein yang mempunyai nutrisi yang berperan penting dalam masa kehamilan. Serat berperan dalam mengurangi resiko sembelit dan juga gangguan pencernaan ketika hamil. Kacang buncis, kacang hitam dan kacang almond merupakan jenis yang dapat ibu pilih untuk di konsumsi.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar mempunyai warna orange dari karotenoid yaitu pigmen tanaman yang nanti di konversi menjadi vitamin A di dalam tubuh. Walaupun banyak yang mengemukakan bahwa kelebihan vitamin A dapat beresiko pada kesehatan, namun untuk vitamin A yang diperoleh dari sayur dan buah tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

  1. Tahu dan tempe

Makanan ini sangat mudah untuk didapatkan dengan kandungan gizi yang tinggi untuk tubuh dalam memenuhi kebutuhan protein. Kebutuhan akan protein dapat meningkat selama masa kehamilan, ini karena janin juga membutuhkannya dalam pertumbuhannya. Kandungan yang di miliki dalam tahu dan tempe yaitu protein nabati yang berguna dalam membantu perkembangan janin.

  1. Sayur dan Buah

Pewarna alami yang terkandung dalam warna sayur dan buah sangat membantu untuk kehamilan. Warna yang di dimiliki dalam sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh janin. Nutrisi yang dibutuhkan oleh janin akan disediakan ketuban dalam perkembangannya.

  1. Yoghurt dan susu

Yoghurt sangat dibutuhkan selama masa kehamilan terlebih jika sudah memasuki bulan ke tujuh sampai sembilan. Minuman ini dapat membantu pencernaan pada masa kehamilan apalagi saat gangguan pencernaan akibat perut yang semakin membesar. Susu berperan dalam memberikan kenyamanan dalam istirahat anda sehingga merasa rileks.

Selain makanan, ini juga manfaat minum air hangat bagi kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>