Jenis Buah Yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan Sebagai Pelengkap MPASI

Ketika menginjak usia 6 bulan maka bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan cara mengunyah makanan pada bayi dan melengkapi kebutuhan nutrisinya. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil maka kebutuhan nutrisi semakin meningkat dan tidak bisa dipenuhi hanya dari ASI saja. Oleh karena itu pemberian makanan pendamping ASI adalah salah satu solusi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Salah satu makanan padat yang bisa Anda perkenalkan yaitu buah untuk bayi.

buah untuk bayi

Seperti yang kita ketahui bahwa buah adalah sumber vitamin yang sangat lengkap sehingga sangat cocok untuk diperkenalkan pada bayi. Namun dalam memilih buah untuk si kecil harus teliti dan hati-hati sehingga tidak akan membahayakan kesehatan. Pilihlah buah untuk bayi 6 bulan yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang tidak terlalu masam. Pemberian buah bisa Anda lakukan dengan cara dihaluskan kemudian dicampur dengan bubur. Namun untuk buah yang memiliki tekstur lembut seperti pisang bisa langsung Anda berikan tanpa harus dicampur dengan bubur.

Beberapa Jenis Buah Yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan

  • Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan. Buah pepaya memiliki kandungan serat dan tekstur yang lembut sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil. Dengan memperkenalkan buah yang satu ini maka bayi akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit. Pepaya lebih mudah untuk dicerna oleh bayi yang baru mengenal makanan padat. Selain itu buah pepaya juga memilki kandungan vitamin yang sangat lengkap untuk menunjang perkembangan si kecil.

  • Pisang

Jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan selanjutnya yaitu pisang. Kandungan nutrisi pada buah pisang sangat banyak seperti asam folat, vitamin A, kalium dan posfor yang berguna untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Pisang bisa Anda berikan secara langsung tanpa diolah karena teksturnya lembut sehingga lebih mudah untuk dicerna. Selain itu, Anda juga bisa menyajikannya dengan cara mencampurkan ke dalam bubur sebagai tambahan. Pisang sebaiknya diberikan dengan porsi yang cukup dan jangan berlebihan karena bisa menyebabkan sembelit.

  • Apel

Apel adalah salah satu buah yang sangat baik untuk bayi. Apel mengandung serat, antioksidan, vitamin, magnesium, kalium dan posfor. Kandungan nutrisi tersebut tentunya sangat baik untuk menunjang perkembangan bayi. Apel bisa Anda sajikan untuk bayi dengan cara dihaluskan dan dibuat bubur sehingga lebih mudah untuk di telan.

  • Alpukat

Tekstur daging buah yang sangat lembut menjadikan alpukat cocok untk diberikan pada bayi. Selain itu, alpukat juga sangat kaya akan kandungan nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin, zat besi, posfor, magnesium, serat dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk menunjang perkembangan dan kecerdasan otak. Alpukat bisa langsung diberikan pada bayi dengan cara dikeruk dan dihaluskan menggunakan blender.

  • Pir

Pir mengandung vitamin, kalsium dan kalium serta tidak mengandung lemak jahat. Buah ini sangat cocok untuk bayi karena bisa mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Untuk memudahkan bayi dalam menelan makanan ini sebaiknya Anda menghaluskan terlebih dahulu dengan cara di blender. Penyajiannya bisa dalam bentuk bubur ataupun jus.

Demikian beberapa jenis buah yang baik untuk bayi 6 bulan. Pada usia 6 bulan bayi belum memiliki kemampuan untuk mengunyah sehingga penyajian buah harus dengan tekstur yang lembut dalam bentuk bubur atau jus buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>