Kiat Memberikan ASI Untuk Bayi Yang Lahir Secara Prematur

Bayi yang lahir secara prematur sangat rentan terkena infeksi berbagai macam penyakit. Hal ini karena kondisi dari sistem kekebalan tubuhnya sangat lemah sehingga membutuhkan penanganan dan perawatan khusus. Tindakan yang tepat akan membantu kelangsungan hidup dari bayi yang terlahir secara prematur. Seperti halnya bayi yang terlahir secara normal, bayi prematur juga membutuhkan ASI sebagai sumber makanan utama sesaat setelah dilahirkan. Namun, memberikan ASI untuk bayi prematur membutuhkan cara khusus karena tidak semudah memberikan ASI seperti halnya pada bayi yang normal.

Memberikan ASI Untuk Bayi Prematur

Bayi prematur biasanya mengalami berbagai macam gangguan kesehatan sehingga harus mendapatkan perawatan yang intensif. Kondisi seperti ini tentunya sangat menyulitkan untuk memberikan ASI secara langsung. Dalam hal ini dibutuhkan teknik khusus dan bantuan medis untuk memberikan ASI bagi bayi prematur. Pemberian ASI sesaat setelah bayi lahir adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh di lewatkan karena kandungan ASI yang pertama kali keluar memiliki banyak nutrisi yang sangat berguna dalam menunjang perkembangan bayi.

Dibawah Ini Kiat Memberikan ASI Untuk Bayi Yang Lahir Secara Prematur

Masalah utama yang sering ditemukan pada bayi prematur yaitu adanya ketidakstabilan dari sistem tubuh sehingga rentan sekali mengalami kekurangan gizi. Oleh karena itu, pemberian ASI adalah salah satu cara untuk memberikan asupan nutrisi bagi bayi prematur sehingga menjaga kelangsungan hidupnya. Simak kiat mudah berikut ini dalam memberikan ASI pada bayi prematur untuk pertama kali setelah lahir.

  1. Meminta bantuan tim medis

Memberikan ASI secara langsung untuk bayi prematur bukan perkara yang mudah. Dalam hal ini dibutuhkan bantuan tim medis supaya bayi memperoleh ASI dalam jumlah yang cukup. Biasanya dokter akan menggunakan sebuah alat (selang bantu) yang disebut dengan nasogatric tube. Alat ini dipasang dari mulut bayi dan langsung tersambung ke dalam lambung. Alat ini juga berguna untuk memantau volume ASI yang mampu di cerna oleh bayi dan melihat kematangan dari sistem pencernaan bayi. Dengan menggunakan batuan medis maka asupan nutrisi untuk bayi prematur melalui ASI akan tercukupi sehingga menunjang kelangsungan hidupnya.

  1. Menggunakan botol

Bayi prematur yang lahir pada minggu ke 35 sudah memiliki refleks dalam menghisap. Pemberian ASI bisa dilakukan melalui botol. Air susu terlebih dahulu dikeluarkan dengan cara yang benar dan menggunakan wadah penampung yang steril sehingga kualitasnya tetap terjaga sampai diberikan pada bayi.

  1. Menyesuaikan volume ASI

Salah satu hal yang harus Anda ketahui dalam pemberian ASI untuk bayi prematur yaitu harus menyesuaikan volume ASI yang diberikan dengan kondisi pencernaan bayi. Anda tidak bisa seenaknya memberikan ASI seperti halnya pada bayi yang lahir normal. Kondisi pencernaan bayi prematur belum sepenuhnya sempurna seperti bayi normal pada umumnya.

  1. Kenali perkembangan bayi prematur

Perkembangan kesehatan bayi prematur harus senantiasa di pantau sehingga ketika keadaannya sudah normal, Anda bisa mulai mengajarinya untuk mengisap ASI secara langsung. Dalam hal ini mungkin membutuhkan waktu sampai bayi benar-benar memiliki kemampuan tersebut.

Demikian kiat untuk memberikan ASI pada waktu pertama kali bagi bayi yang terlahir secara prematur. ASI adalah nutrisi terbaik untuk menunjang perkembangan bayi yang lahir secara prematur. Pemberian ASI sangat berguna untuk perkembangan fisiologis dan emosional bayi. Dalam hal pemberian ASI bisa disesuaikan dengan kemampuan bayi untuk menghisap dan menelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>