Membangun Karakteristik Si Kecil Sejak Pendidikan Anak Usia Dini

Mungkin bunda akan bertanya, kapan waktu yang tepat untuk menentukan kesuksesan juga keberhasilan seoarng anak? Maka, jawaban yang tepat yang dapat kami berikan kepada bunda semua yaitu saat si kecil masih berusia dini, dan ketika si kecil memasuki pendidikan anak usia dini. Apakah itu benar? Nah, jika bunda tidak mempercayainya, yuk mari kita simak sama-sama sebuah fakta mengenai hal tersebut yang memang telah banyak diteliti oleh para peneliti ahli di dunia.

Pada anak usia dini yaitu 0-6 tahun, perkembangan otaknya sangatlah cepat, yaitu sampai mencapai angka 80%. Dan pada usia tersebutlah, otak si kecil mampu menerima juga menyerap berbagai macam informasi baik yaitu buruk ataupun yang baik. Dan disinilah masa dimana perikembangan fisik ataupun mental si kecil akan terbentuk dengan sendirinya. Oleh karena itu, banyak diantaranya orang yang menyebutkan kalau masa-masa tersebut merupakan satu masa atau fase emas atau golden age.

Sebuah penelitian yang telah di lakukan oleh Brazelton, seoarng ahli perkembangan serta prilaku anak yang berasal dari Amerika, beliau menyebutkan bahwa pengalaman yang di peroleh si kecil di bulan juga tahun pertama kehidupannya akan sangat menentukan apakah si kecil bisa dan mampu menghadapi segala macam tantangan yang ada di dalam kehidupannya, dan apakah ia akan menunjukkan semangatnya yang tinggi untuk belajar dan berhasil dalam menjalankan satu pekerjaannya.

perkembangan anak usia dini

Nah, maka dari itu, bunda sebagai orang tua yang baik sebaiknya bisa memanfaatkan fase emas ini guna memberikan pendidikan untuk membentuk karakteristik si kecil sejak dini, dan perkembangan anak usia dini. Sehingga si kecil bisa meraih bentuk keberhasilan juga kesuksesan dalam kehidupannya di masa yang akan adatang.

Banyak orang yang mengatakan, bahwa keberhasilan itu hanya bisa ditentukan oleh sebarapa jenius atau seberapa pintarkah otak yang dimiliki oleh anak. Hal yang diutarakan seperti, semakin anak jenius, maka semakin sukses pula anak tersebut dan sebaliknya. Namun apakah hal tersebut benar? Etis, tunggu dulu, untuk hal ini ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan. Karena kami tidaklah setuju untuk ungkapan tersebut. Dan fakta telah membuktikan, bahwa banyak diantaranya orang-orang yang sukses yang memang tidak pernah mendapatkan prestasi yang baik di masa sekolahnya, bahkan mereka tidak pernah mendapatkan juara kelas atau bahkan menduduki posisi teratas di sekolahnya.

Perlu kalian tahu, bahwa sebenarnya kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan otak setiap anak, melainkan kesuksesan tersebut bisa di raih karena ditentukan oleh kecakapan anak dalam membangun hubungan emosional diri sendiri, orang lain, serta lingkungan. Bukan hanya itu, agar si kecil kelak bisa menjadi probadi yang sukse, maka bunda juga harus mengenalkan atau mengajari si kecil untuk melakukan hubungan spiritual kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lantas, bagaimana caranya membanung karakter anak usia dini? Karakter si kecil akan terbentuk sebagai hasil dari pemahamn 3 hubungan yang pastinya akan di alami oleh setiap manusia, yaitu hubungan dengan diri sendiri, dengan orang lain atau lingkunga, serta yang terakhir dan yang paling penting yaitu hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Dan setiap hasil dari hubungan yang dijalankan akan memberikan pemahan yang memang pada akhirnya menjadi satu atau lebih nilai juga keyakinan si kecil. Dan cara si kecil dalam memahami bentuk dari hubungan tersebut juga bisa menentukan cara si kecil dalam memperlakukan dunianya sendiri. Pemahan si kecil yang negative akan berimbas terhadap perlakuannya yang juga negative, dan pemahaman yang positif akan memperlakukan dunianya yang juga positif. Oleh karena itu, bunda harus bisa menumbuhkan pemahan positif terhadap si kecil ketika usia si kecil masih dini, dan salah satu cara yang bisa bunda lakukan yaitu memberikan kepercayaan terhadap si kecil untuk mengambil keputusan sendiri, membantu si kecil dalam mengarahkan potensi yang mereka miliki, tidak memberikan tekanan kepada si kecil baik secara halus ataupun kasar, dan beberapa hal lainnya.Bunda juga harus membiarkan si kecil untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Nah, mungkin saat ini bunda telah paham, mengapa membanung karakteristik si kecil harus di lakukan sejak dini itu penting. Perlu bunda ingat, usia dini merupakan usia emas, maka dari itu bunda harus bisa memanfaatkan masa emas itu dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>