Memilih Busana Yang Tepat Untuk Ibu Menyusui

Menyusui adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap wanita setelah melahirkan. Proses menyusui merupakan salah satu cara untuk memberikan asupan makanan bagi bayi yang baru lahir. Hal ini karena bayi yang baru lahir tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi makanan selain ASI. Menyusui mungkin terlihat sebagai aktivitas yang mudah, namun membutuhkan ketenangan dan kenyamanan selama proses tersebut.

Busana Untuk Ibu Menyusui

Sebagian wanita biasanya merasa kesulitan dalam memilih baju yang akan di pakai pada waktu menyusui. Beberapa baju yang biasa dipakai sebelum menyusui tentunya tidak akan nyaman lagi karena adanya perubahan pada payudara. Baju yang dipakai pada waktu menyusui harus memberi kenyamanan dan kemudahan ketika harus menyusui bayi di tempat terbuka atau tempat umum. Oleh karena itu diperlukan baju yang bisa menutupi payudara ketika menyusui.

Beberapa Hal Yang Harus Dipertimbangkan Pada Waktu Memilih Busana Untuk Ibu Menyusui

Sebelum membeli baju yang akan dipakai ketika menyusui, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sehingga baju yang dipakai akan memberi kenyamanan. Berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli perlengkapan tersebut.

  • Pilihlah kain yang berpola sehingga ketika air susu merembes tidak akan nampak jelas. Jangan memilih warna kain yang mengkilap dan tidak bisa menutupi rembesan air susu.
  • Kemeja atau blus yang bisa dibuka atau diangkat dari bagian pinggang adalah salah satu baju yang bisa Anda pilih. Jangan khawatir badan Anda akan kelihatan karena pada waktu menyusu, bayi akan menutupi bagian depan tubuh Anda yang terbuka.
  • Blus yang didesain untuk wanita menyusui memiliki belahan atau celah yang tersembunyi oleh lipatan pada bagian atas sehingga menutupi payudara.
  • Pilihlah blus yang mempunyai kancing pada bagian depan sehingga memudahkan Anda untuk menyusui.
  • Pada waktu cuaca dingin sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang sedikit terbuka pada bagian depan karena bisa membuat Anda tidak nyaman.
  • Demi kenyamanan Anda, pilihlan pakaian yang berbahan dasar katun sehingga bisa menyerap keringat dan tidak menimbulkan rasa panas.
  • Sebaiknya memilih baju untuk menyusui dengan motif yang sederhana dan tidak terlalu berlebihan.
  • Supaya lebih leluasa untuk beraktivitas sebaiknya mengkombinasikan pakaian khusus menyusui dengan mini dres. Pakaian ini akan membuat Anda nyaman dan tampil modis selama menyusui.
  • Kemeja dengan kancing pada bagian depan bisa menjadi alternatif bagi Anda pada waktu menyusui untuk tampil modis dan memudahkan dalam proses menyusui.

Pada dasarnya memilih baju ketika menyusui harus mengutamakan kenyamanan dan bisa tampil modis ketika berada di luar rumah. Baju yang nyaman akan membuat proses menyusui terasa lebih menyenangkan dan produksi ASI tetap lancar sehingga asupan nutrisi untuk si kecil tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>