Mengatasi Anak Yang Bersitegang Akibat Berbeda Pendapat

Mendidik anak adalah kewajiban setiap orangtua sebagai bagian dari tanggung jawab. Tidak dipungkiri bahwa mendidik anak bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Mendidik anak harus dilakukan dengan cara yang tepat dan hati-hati. Pendidikan yang diberikan sejak dini akan membekas dan diingat oleh anak sampai usia dewasa. Orangtua harus memberikan pendidikan dasar bagi anak sejak dini untuk membentuk kepribadian yang baik.

permasalahan anak

Masa-masa paling sulit dalam mendidik anak yaitu ketika menginjak usia remaja. Masa dimana terjadinya peralihan kepribadian seorang anak dalam menemukan jati dirinya. Pada usia ini biasanya anak masih labil dan lebih mudah terbawa oleh lingkungan. Maka dari itu penting sekali bagi setiap orangtua untuk membentengi anak dengan pendidikan dasar yang kuat sehingga anak tidak akan terjerumus ke dalam dunia yang kelam.

Ketika anak berusia remaja kerap kali memiliki pendapat yang berbeda dengan Anda sehingga tidak jarang terjadinya perdebatan. Pendapat anak biasanya disertai dengan ego yang tinggi dan selalu ingin di dengar. Biasanya mereka tidak menghiraukan nasihat yang Anda berikan. Anak pada usia remaja cenderung lebih mudah terpebgaruh oleh kondisi lingkungan sekitar atau tempat bergaul. Kondisi tersebut mungkin wajar, namun Anda sebagai orangtua harus memberikan pengertian pada anak sehingga tidak akan terjadi perdebatan di dalam keluarga.

Tindakan yang bisa anda lakukan dalam menyikapi perbedaan pendapat dengan anak:

  • Mengutarakan pendapat Anda dengan cara yang bijak

Ketika Anak mengambil keputusan tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan atau tindakan tersebut tidak bermanfaat sebaiknya jangan langsung memarahi dan menolaknya. Berikan pengertian secara perlahan dan utarakan pendapat Anda dengan sangat bijak. Berikan penjelasan pada anak bahwa tindakan yang diambilnya kurang tepat dan tidak membawa manfaat. Selain itu berikan solusi yang lain bagi anak untuk melakukan tindakan yang lebih baik dan bermanfaat. Tindakan yang bijak akan membuat anak lebih mengerti sehingga akan mempertimbangkan setiap tindakan yang akan diambilnya.

  • Selidiki penyebabnya

Alangkah lebih baiknya apabila Anda menyelidiki faktor yang menyebabkan anak memiliki pendapat dan tindakan yang tidak sesuai dengan apa yang Anda utarakan. Sebelum menegurnya cari tahu alasan yang mendasari tindakan tersebut. Anda bisa mengajak anak untuk ngobrol dan menanyakan alasan dari tindakan tersebut. Dalam hal ini sebaiknya Anda jangan terlalu serius supaya anak tidak terpancing untuk mendebat. Setelah anak mengutarakan pendapatnya, barulah Anda menimbang dan memberi saran mengenai pendapat tersebut.

  • Memberi saran supaya anak mempertimbangkan ulang

Pada usia remaja, kondisi emosi anak masih sangat labil sehingga terburu-buru dalam mengambil keputusan. Maka dari itu ketika pendapat anak tidak sesuai dengan Anda, sebaiknya mintalah anak supaya mempertimbangkan pendapatnya dari segi negatif dan positifnya. Dengan begitu anak akan mengerti sendiri tanpa penjelasan yang panjang lebar dari Anda. Dalam hal ini Anda hanya menyikapi dengan bijak dan memberi arahan ketika anak sudah mempertimbangkan semuanya.

Demikian beberapa tindakan bijak yang bisa Anda lakukan dalam menyikapi setiap perbedaan pendapat yang dikemukakan oleh anak. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus memberikan teguran pada anak secara perlahan dan jangan langsung memarahi anak. Berikan penjelasan dan kemukakan pendapat Anda dengan bijak sehingga anak bisa mempertimbangkan dan menerimanya dengan hati yang lapang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>