Mengenal Lebih Dalam Penyakit Texoplasma Pada Bayi Baru Lahir

Penyakit toxoplasma yang menyerang bayi baru lahir merupakan salah satu organisme yang memang bisa menyebabkan infeksi yang terjadi pada fetus, bahkan penyakit toxoplasma ini kerap muncul pada bayi yang baru saja lahir, yang mana tumbuh sebagai penyakit yang memiliki sifat local ataupun general. Infeksi yang memang disebabkan oleh parasite ini memang banyak di kenal sebagai toxoplasmosis, yakni penyakit yang bisa menyerang ibu ataupun bayi yang masih ada di dalam kandungan, bahkan bisa menyerang bayi yang memang sudah di lahirkan.

Prevalensi uamh di hasilkan dari virus toxoplasma atau toxoplasmosis sangatlah beragam, hal ini disesuaikan dengan usia juga letak atau lokasi geografis. Di Negara Amerika serikat, ada sebanyak 50-85% wanita di usia asuh memang memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit toxoplasmosis akut selama masa kehamilan. Di dalam periode satu tahun ini, telah di lakukan skrining terhadap IgG spesifik-toxoplasma terhadap bayi yang baru saja lahir dengan prinsip bahwa IgG yang dihasilkan dari ibu bisa dan mampu melewati plasenta dengan baik, maka dari itu prevalensi yang di hasilkan dari IgG  sepesifik yang terjadi pada bayi tersebut mampu mencerminkan seroprevalensi yang dimiliki oleh ibu. Bahkan telah berhasil di temukan, bahwa ada 17% dari 90 ribu spesisme yang berasal dari bayi yang baru lahir memiliki IgG terhadap T.gondii, yang mana mengindikasikan bahwa ada sebanyak 83% ibu memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap infeksi akut ini.

penyakit toxoplasma

Dalam menegakkan penyakit  toxoplasma dan penyebab toxoplasma baik di lakukan secara klinis maupun laboratoris sangatlah penting guna menentukan rencana dalam proses pengobatan bahkan terapi yang akan di lakukan bagi si penderita. Dan hal tersebut akan sangat tergantung dengan pengetahuan terkait epidemiologi, patologi, juga manifestasi klinis

Toxoplasma gondii ini merupakan parasite intraseluler yang memang bisa menyebabkan infeksi terhadap fetus, bahkan sering muncul pada bayi-bayi yang baru lahir, yang memang tumbuh sebagai penyakit yang bersifat local ataupun general, yang memiliki bentuk menyerupai bulan sbait dengan panjang 5-7 μm, bahkan penyakit jenis ini memiliki nucleus tunggal yang memang terletak sentral.

Toxoplasmosis ini adalah sebuah sindrom yang di sebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh toxoplasma gondii. Toxoplasma gondii ini sejenis parasite protozoa intraseluler obligat yang bukan hanya bisa menginfeksi manusia, namun juga bisa memberikan infeksi pada hewan.

Organisme dalam bentuk ini akan muncul dalam tiga bentuk atau jenis, yaitu oosit, tropozoit, dan kista (bradizoit). Oosit ini akan diekskresikan melalui fases kucing, dan jika termakan oleh manusia maka bisa menginvasi mukosa gastrointestinal serta sirkulasi darah dalam bentuk tropozoit, setelah itu organisme dalam bentuk ini akan berubah menjadi kista yang memang akan semakin bertahan di berbagai bagian organ tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>