Menjaga Kesehatan Rahim Dengan Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Rahim adalah salah satu bagian dari organ reproduksi wanita.  Organ vital tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang terjadinya pembuahan dan tempat berkembangnya janin. Kesehatan rahim wanita sangat penting untuk dijaga dalam mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker atau dalam bahasa Inggris cancer. Selain itu, kesehatan rahim akan membantu mempersiapkan kehamilan yang sehat.

makanan kesehatan rahim

Menjaga kesehatan rahim bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat. Dengan mencukupi semua kebutuhan nutrisi maka akan meminimalisir penyakit yang bisa membahayakan rahim. Selain itu, untuk menjaga kesehatan rahim Anda harus berolahraga secara rutin.

Sumber Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim

  1. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker leher rahim. Hal ini karena tomat mengandung likopen dan antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Produk olahan susu

Makanan kesehatan rahim yang selanjutnya yaitu susu dan produk olahannya. Dengan mengkonsumsi yoghurt dan keju secara rutin maka akan mencegah terjadinya kanker rahim. Kandungan vitamin D pada susu bermanfaat untuk mencegah tumor jinak pada rahim atau fibroid.

  1. Teh hijau

Kandungan antioksidan pada teh hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan rahim dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, bagi Anda yang memiliki masalah pada rahim seperti adanya fibroid maka dengan mengkonsumi teh hijau secara rutin akan membantu mengatasi tumor jinak tersebut.

  1. Sayuran berwarna hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Sayuran hijau mengandung mineral yang berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi saraf. Selain itu, kandungan nutrisi pada sayuran hijau juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan basal di dalam rahim.

  1. Biji-bijian atau kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan kolesterol baik dan asam lemak omega-3. Mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin akan menghindarkan Anda dari fibroid dan kanker rahim. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi seperti protein yang berguna untuk menjaga kesuburan rahim.

  1. Buah-buahan

Buah mengandung unsur mineral,fitokimia dan vitamin yang sangat melimpah. Buah-buahan merupakan sumber antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi buah maka akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan menjaga kesehatan organ reproduksi wanita terutama rahim. Antioksidan berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di uterus dan rahim.

  1. Ikan

Ikan air dingin seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menekan produksi hormon prostaglandin. Perlu Anda ketahui bahwa hormon tersebut bisa menyebabkan kontraksi pada rahim apabila produksinya berlebihan. Jika kontraksi terjadi maka bisa membahayakan rahim dan mengubah posisi rahim.

  1. Makanan berserat

Makanan yang mengandung serat sangat mudah kita jumpai seperti buah-buahan, gandum dan sayuran. Serat berperan penting dalam mencegah produksi hormon estrogen secara berlebihan. Hormon estrogen yang diproduksi secara berlebihan bisa mengakibatkan fibroid atau tumor jinak pada rahim.

Demikian beberapa makanan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan rahim. DIsamping mengkonsumsi makanan tersebut, Anda juga harus rutin berolahraga dan menjauhi kebiasaan yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Jika anda ingin mengetahui update terbaru tantang kanker serviks anda bisa mengunjungi web solusisehatku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>