Metode Khusus Untuk Mensterilkan Botol Susu Bayi

Botol susu dan semua perlengkapan makan atau minum bayi harus senantiasa dalam keadaan steril. Bayi masih sangat rentan terhadap infeksi penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya belum sepenuhnya berfungsi seperti layaknya orang dewasa. Jika peralatan yang sering digunakan jarang dibersihkan atau membersihkan dengan cara yang kurang tepat maka akan memicu pertumbuhan mikroorganisme yang membahayakan kesehatan si kecil.

Mensterilkan Botol Susu Bayi

Salah satu peralatan bayi yang sering digunakan setiap hari yaitu botol susu. Dalam memilih botol susu untuk bayi sebaiknya Anda lebih teliti dan pastikan jenis plastika tersebut tidak akan membahayakan kesehatan bayi. Disamping Anda teliti dalam memilih botol susu, Anda juga harus mengetahui cara membersihkan botol yang benar sehingga terbebas dari kontaminasi bakteri.

Berikut metode Khusus mensterilkan botol susu bayi

  1. Menggunakan metode perebusan

Metode perebusan bisa Anda gunakan untuk mensterilkan botol susu bayi. Sebelum Anda merebus botol, pastikan terlebih dahulu kalau bahan dasar plastik dari botol tersebut benar-benar aman. Hindari jenis plastik polikarbonat karena bisa mengeluarkan residu yang berbahaya ketika di rebus. Sebaiknya Anda  menggunakan metode lain atau memilih jenis botol yang benar-benar aman. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyediakan wadah yang berukuran besar kemudian isi dengan air. Letakan wadah tersebut diatas api kemudian tutup dan biarkan sampai mendidih atau lebih kurang selama 10 sampai 15 menit.

  1. Menggunakan metode sterilisasi air dingin

Metode sterilisasi menggunakan air dingin adalah salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan. Peralatan sterilisasi air dingin sangat praktis dan bisa dibawa kemana aja sehingga tidak membutuhkan air panas. Sediakan wadah yang cukup untuk menampung botol susu lebih dari satu kemudian isi dengan air bersih dan masukan pensteril tersebut. Benamkan botol susu ke dalam wadah yang telah diisi pensteril sampai benar-benar terendam sehingga tiak ada gelembung udara di dalam botol. Rendam botol susu selama lebih kurang 30 menit. Pada waktu mensterilkan botol susu sebaiknya tangan Anda dan semua peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih.

  1. Menggunakan metode penguap microwave

Cara lain untuk mensterilkan botol susu bayi yaitu menggunakan metode penguap microwave. Cara kerjanya yaitu hampir sama dengan menggunakan penguap elektronik. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan meletakkan botol susu atau dot bayi dengan posisi telungkup diatas penguap kemudian masukan ke dalam microwave. Sebaiknya botol yang sudah disterilkan langsung dipakai dan tidak dibiarkan terlalu lama. keuntungan dengan menggunakan metode ini yaitu tidak menimbulkan rasa atau bau pada botol.

Bagi Anda yang memiliki waktu luang sebaiknya menggunakan metode sterilisasi dengan cara di rebus. Metode tersebut dinilai lebih efektif daripada metode yang lainnya. Namun apabila Anda terlalu sibuk maka metode menggunakan penguap microwave adalah alternatif yang bisa Anda gunakan. Seiring dengan bertambahnya usia bayi maka proses sterilisasi tidak begitu dianjurkan. Ketika bayi Anda sudah menginjak usia 12 bulan atau lebih maka sistem kekebalan tubuhnya mulai bekerja dengan baik sehingga sudah memiliki kemampuan untuk menangkal serangan zat asing. Akan tetapi meskipun begitu Anda harus tetap  menjaga kebersihan semua peralatan bayi dengan cara mencucinya menggunakan sabun khusus yang aman. Jangan pernah menggunakan deterjen atau sabun colek untuk mencuci peralatan bayi karena bisa meninggalkan bekas sehingga berbahaya bagi kesehatan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>