Pengetahuan Untuk Ibu Baru Dalam Merawat Bayi

Kaku dan bingung, itulah permasalahan yang sering menghinggapi wanita yang baru pertama kali memiliki anak. Kebanyakan para ibu kebingungan dalam hal merawat bayi seperti memandikan, mengganti popok ataupun menyusui. Kondisi seperti ini tentunya diakibatkan oleh kurangnya persiapan dan pengetahuan sebelum melahirkan.

Merawat Bayi

Merawat bayi memang memerlukan pengetahuan dan cara yang tepat dan tidak bisa dilakukan begitu saja. Perlu Anda ketahui bahwa bayi yang baru lahir masih sangat sensitif dan rentan terkena penyakit sehingga membutuhkan perawatan yang tepat dan intensif. Nah, pada kesempatan ini penulis akan memberikan informasi dan ulasan mengenai cara merawat bayi bagi ibu baru. Ada beberapa kondisi yang perlu Anda ketahui pada waktu merawat bayi yang baru lahir.

Beberapa Hal Penting Dalam Merawat Bayi Yang Baru Lahir

  • Kenali kondisi bayi yang lapar

Bayi belum mempunyai kemampuan untuk menyampaikan berbagai keluhan yang dirasakan termasuk lapar. Biasanya bayi menyampaikan hal tersebut dalam bentuk bahasa isyarat seperti tangisan. Pada awal-awal kelahiran biasanya bayi lebih mudah lapar karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini karena ketika di dalam rahim bayi mendapatkan asupan makanan secara terus menerus dari sang ibu melalui plasenta. Oleh karena itu, bagi Anda sebagai ibu baru sebaiknya lebih peka dan mengetahui tanda-tanda bayi yang lapar sehingga bisa secepatnya diberi ASI.

  • Memilih pakaian bayi

Bagi ibu baru disarankan untuk memilih dan membeli pakaian untuk si kecil yang berbahan dasar katun. Hal ini karena bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak menimbulkan panas ketika digunakan. Hindari memilih pakaian dengan bahan yang tebal karena bisa menimbulkan panas dan keringat yang meicu terjadinya masalah pada kulit bayi seperti ruam dan iritasi.

  • Perlengkapan bayi

Ibu baru terkadang kebingungan ketika memilih semua perlengkapan bayi seperti peralatan mandi, peralatan makan ataupun kosmetika bayi. Dalam hal ini Anda harus lebih hati-hati dan teliti sehingga semua peralatan yang digunakan tidak membahayakan bayi. Pilihlah semua peralatan bayi yang memiliki standar keamanan. Selain itu, dalam memilih kosmetik atau sabun bayi sebaiknya Anda memilih produk yang teruji klinis dan aman untuk kulit bayi. Hindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

  • ASI pertama jangan dibuang

Tahukah Anda bahwa air susu yang pertama kali keluar sangat bagus untuk si kecil karena mengandung banyak nutrisi. Namun terkadang kurangnya pengetahuan membuat sebagian orang mengabaikan air susu tersebut dan membuangnya. Nah, bagi ibu baru penting sekali mengetahui hal ini sehingga bisa memberikan ASI yang berkualitas tersebut pada awal penyusuan.

  • Memandikan bayi dengan cara yang benar

Memandikan dan membersihkan kulit si kecil adalah salah satu aktivitas yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kulitnya. Memandikan bayi memang bukan perkara yang mudah terlebih lagi bagi ibu baru yang tidak mengetahui cara yang tepat. Memandikan bayi harus dilakukan dengan cara yang benar dan hati-hati karena kondisi tubuh si kecil masih sangat lemah. Sebaiknya Anda meminta bantuan dan bimbingan dari ibu yang sudah berpengalaman sehingga bisa melakukan hal tersebut dengan baik. Selain itu, gunakan sabun atau shampoo khusus bayi yang bebas dari bahan kimia sehingga aman untuk kulitnya.

  • Memperbanyak pengetahuan seputar merawat bayi

Kebingungan yang dialami oleh ibu baru dalam merawat bayi adalah hal yang wajar. Namun kondisi tersebut haru segera diatasi karena bisa merugikan bayi. Bagi ibu baru disarankan untuk memperbanyak informasi tentang tatacara merawat bayi yang baik dan benar. Informasi tersebut bisa diperoleh dari ibu-ibu yang sudah berpengalaman ataupun mencari informasi melalui internet. Untuk lebih efektifnya lagi sebaiknya pengetahuan seputar perawatan bayi diperoleh sebelum melahirkan sehingga setelah melahirkan tidak akan kebingungan.

Nah, itulah selintas tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam merawat bayi. Supaya Anda tidak kebingungan ketika menjadi ibu baru sebaiknya memperbanyak informasi mengenai tatacara perawatan bayi pada waktu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>