Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal Pada Perut Saat Hamil

Banyak perubahan yang akan terjadi pada waktu hamil. Perubahan tersebut tidak terlepas dari pengaruh hormone kehamilan yang mempengaruhi kondisi fisik dan mental ibu hamil. Terkadang beberapa perubahan yang terjadi membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Salah satu contohnya yaitu perubahan bentuk tubuh terutama bagian perut yang membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Kondisi kehamilan yang semakin membesar tentunya akan membuat kulit di area perut mengalami peregangan sehingga menyebabkan gatal pada perut saat hamil.

gatal pada perut saat hamil

Penyebab gatal pada perut saat hamil yaitu kondisi stretch mark, kulit kering dan gejala peningkatan hormone estrogen dan gonadotropin. Gatal yang dirasakan oleh ibu hamil bisa bersifat ringan dan bahkan parah sehingga menimbulkan ruam dan menimbulkan bercak kemerahan. Gatal yang dirasakan pada waktu hamil memang hal yang wajar, akan tetapi hal ini tidak boleh dibiarkan karena bisa mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Dibawah Ini Tips Mengatasi Gatal Pada Perut Saat Hamil

  • Mengompres

Cara mengatasi gatal pada perut saat hamil bisa dilakukan dengan mengompres perut menggunakan air dingin. Gunakan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin kemudian tempelkan pada bagian perut yang gatal. Cara seperti ini akan membantu melembabkan kulit kering sehingga meredakan gatal.

  • Memakai pakaian longgar

Ibu hamil dianjurkan untuk menggunakan pakaian longgar. Tujuannya yaitu untuk menjaga suhu tubuh supaya tidak mudah berkeringat. Selain itu, pakaian longgar akan meminimalisir rasa gatal pada bagian perut. Pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan dasar katun sehingga bisa menyerap keringat dan mencegah gatal pada perut selama hamil.

  • Jangan mandi dengan air hangat

Selama hamil tidak dianjurkan mandi dengan air hangat karena tidak baik untuk kesehatan janin. Disamping itu mandi dengan air hangat akan membuat kulit kering sehingga menimbulkan gatal-gatal pada bagian perut.

  • Menggunakan olive oil

Minyak lidah buaya bisa meredakan gatal pada waktu hamil. Oleskan minyak tersebut pada bagian perut yang terasa gatal secara merata. Minyak lidah buaya akan membantu menjaga kelembaban kulit sehingga mencegah gatal-gatal.

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Pada waktu hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Tujuannya yaitu untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit. Dengan begitu akan menghindarkan ibu hamil dari gatal pada bagian perut.

  • Hindari penggunaan sabuin mandi

Jangan menggunakan sabun mandi untuk menghilangkan gatal pada perut. Sabun mandi hanya akan membuat kulit kering dan iritasi sehingga gatal pada perut akan semakin parah. Sebaiknya Anda menggunakan pelembab yang aman dan tidak menyebabkan iritasi.

  • Konsultasi dengan dokter

Jika kondisi gatal pada perut semakin parah dan menimbulkan iritasi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang benar.

Nah, itulah cara mengatasi gatal pada perut saat hamil. Jangan pernah menggaruk bagian perut yang gatal karena bisa menimbulkan iritasi dan stretch mark. Sebaiknya Anda mengusap bagian perut yang gatal menggunakan handuk kecil yang dibasahi air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>