Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Bunda Ketahui

Perkembangan bayi 3 bulan. Bayi merupakan hadian terindah yang diberikan Yang Maha Kuasa untuk Anda juga suami. Dan bulan-bulan awal ketika si kecil lahir merupakan bulan-bulan yang sangat indah juga berarti bagio Anda, suami juga keluarga. Nah, ketika memasuki bulan ketiga, si kecil mulai menunjukkan keaktifannya dan mulai belajar untuk mengenali wajah ibu juga wajah ayah.

bayi 3 bulan

Perkembangan bayi 3 bulan merupakan perkembangan yang cukup pesat, bahkan si kecil mulai mampu mengamati sejumlah benda yang ada di sekitarnya, bahkan ia mulai ingin untuk menyentuh barang-barang tersebut. Bukan hanya itu, bayi 3 bulan juga mulai menyadari setiap gerakannya, dan biasanya di usia ini gerakan-gerakan reflek si kecil seputar kebiasaan tangan yang menggenggam sudah mulai hilang. Bahkan si kecil sudah mulai bisa menggerekan tangannya guna menyentuh benda yang ada di sekitarnya serta perkembangan jari jemarinya juga kian berkembang dengan pesat. Bahkan di usia bayi 3 bulan ia sudah mulai bisa memanfang juga melambaykan tangan walaupun hanya sedikit dan tidak terarah.

Pada fase perkembangan bayi usia 3 bulan, penting untuk Anda mengawasi setiap gerak gerik si kecil dengan sangat ketat, karena di usia ini si kecil mulai bisa memasukkan benda-benda yang bisa ia rahim kedalam rongga mulutnya. Dan di usia 3 bulan, bayi mulai senang mendengarkan suara-suara asing terutama suaranya sendiri.

Di usia bayi 3 bulan, Anda mulai bisa memberikan mainan kepada si kecil, dengan catatan mainan yang diberikan dipilih dengan bauk, dan pilihlah mainan yang terbuat dari karet yang memiliki ujung yang tumpul guna keamanan untuk si kecil. Anda juga harus memilih jenis mainan yang aman tanpa adanya bahan pewarna seperti cat, selain itu pilih juga jenis mainan yang memiliki suara guna melatih telingan si kecil. Guna merangsang si kecil agar menjadi anak yang aktif, maka Anda bisa menyimpan mainan tersebut di atas box tempat tidurnya dengan cara di gantung.

Di perkembangan bayi 3 bulan, Anda bisa memperkenalkannya dengan dunia luar dengan cara membawanya jalan-jalan di sekitar rumah Anda. Bukan hanya itu, alangkah lebih baik lagi jika si kecil mulai diperdengarkan dengan sejumlah lagu yang lembut yang memang bisa merangsang perkembangan otak si kecil. Bahkan di usianya yang masih 3 bulan, si kecil mulai belajar untuk menggumam, dan itu menjadi gumaman pertamanya.

Anda jangan pernah heran ketika si kecil yang masih berusia 3 bulan sudah mulai bisa menyebut mama atau bahkan papa walaupun masih belum terdengar jelas. Di usia ini, si kecil sudah mulai bisa diajak berkomunikasi, dan cara si kecil berkomunikasi di usia ini yaitu dengan cara menggerak-gerakkan tangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>