Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Bronkitis Pada Bayi

Bronkitis sangat rentan menyerang anak-anak dibawah usia 2 tahun. Pada kebanyakan kasus biasanya bronkitis menyerang bayi usia 6 bulan, bahkan bisa terjadi pada bayi usia 3 bulan. Bronkitis merupakan peradangan atau infeksi pada saluran pernapasan yaitu pada bagian bronkus. Bronkitis pada bayi bisa disebabkan oleh faktor udara yang kotor sehingga memicu infeksi pada paru-paru.

bronkitis pada bayi

Penyebab utama bronkitis pada bayi yaitu Respiratory Syncytial Virus (RSV), influenza dan adenovirus. Penyebaran virus ini bisa terjadi melalui udara atau cairan hidung. Bayi sangat beresiko terkena infeksi virus tersebut jika berada di lingkungan yang kotor, berada di sekitar perokok, lahir secara prematur dan asupan nutrisi melalui ASI kurang. Selain itu, bayi yang berusia dibawah 6 bulan sangat rentan terkena infeksi virus yang bisa mengakibatkan bronkitis. Pencegahan bronkitis pada anak lbisa dilakukan sejak dini dengan menciptkan suasana lingkungan yang bersih.

Gejala  bronkitis pada bayi dan anak-anak biasanya ditandai dengan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) . Selain itu bayi mengalami batuk selama beberapa hari dan kondisinya semakin parah sehingga mengakibatkan bayi kesulitan bernafas. Jika kondisi bayi semakin parah sebaiknya Anda segera melakukan tindakan dengan menghubungi petugas medis.

Beberapa Cara Mengatasi Bronkitis Pada Bayi

Selain penangan medis, Anda juga bisa membantu meringankan gejala bronkitis yang diderita oleh bayi. Berikut cara mengatasi bronkitis pada anak yang bisa Anda lakukan di rumah:

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan kyaitu dengan menjauhkan bayi dari debu, polusi udara dan cuaca dingin. Hal ini karena kondisi tersebut bisa memperparah iritasi pada saluran pernapasan bayi.
  • Jika bayi mengalami batuk berdahak dan kesulitan untuk bernafas, maka Anda bisa membatu meringankannya dengan memberikan uap air yang ditetesi minyak telon.
  • Apabila si kecil sudah mendapatkan MPASI maka Anda bisa memberikan asupan cairan untuk si kecil dalam meringankan bronkitis yang dideritanya dan mencegah dehidrasi.
  • Anda bisa membuat bayi merasa nyaman dengan mengusap atau menepuk secara lembut bagian dada.
  • Kelembapan dan kebersihan udara di ruangan tempat tinggal bayi harus senantiasa dijaga.

Bronkitis tidak akan menyebabkan kematian pada bayi. Pada umumnya penyakit ini akan berkurang dalam rentang waktu yang tidak begitu lama jika segera ditangani. Untuk menjaga kondisi kesehatan si kecil sebaiknya Anda memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuhnya dan menjaga kesehatan semua anggota keluarga serta lingkungan rumah.

Pastikan kebersihan udara di dalam rumah benar-benar terjaga, jangan membiasakan merokok dan usahakan setiap ruangan memiliki ventilasi udara. Dengan begitu si kecil tidak akan terinfeksi oleh virus berbahaya seperti penyakit bronkitis. Selain itu, lakukan pemeriksaan kesehatan bayi secara rutin untuk memastikan tubuhnya dalam kondisi fit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>