Solusi Untuk Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Mengemut Makanan

Kebiasaan anak yang suka mengemut makanan tanpa mengunyah tentunya membuat Anda jengkel dan kesal. Kebiasaan mengemut makanan akan meningkatkan resiko kerusakan gigi pada anak karena makanan lebih lama mengendap di mulut. Selain itu, kebiasaan ini akan membuat banyak makanan terbuang karena anak tidak menelannya. Dampak negatif dalam jangka panjang yaitu beresiko menyebabkan anak kekurangan nutrisi.

Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Mengemut Makanan

Kebiasaan si kecil yang suka mengemut makanan harus segera di atasi dengan solusi yang tepat. Apabila Anda membiarkan kebiasaan tersebut maka sama saja dengan membiarkan bakteri berkembang dan merusak gigi si kecil. Kerusakan gigi bisa mengakibatkan posisi rahang berkembang tidak optimal. UntukĀ  memudahkan Anda dalam mengatasi hal tersebut maka harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya.

Faktor yang memicu kebiasaan anak mengemut makanan yaitu si kecil belum bisa beradaptasi dengan makanan padat, kebiasaan menghisap dot, gigi anak bermasalah atau pertama kali tumbuh gigi dan merasa bosan dengan menu makanan yang sama.

Inilah Solusi Untuk Mengatasi Kebiasaan Si Kecil Mengemut Makanan

  1. Sajikan menu makanan yang lebih variatif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu faktor yang menyebabkan si kecil mengemut makanan adalah bosan dengan menu makanan yang sama. Solusi untuk mengatasi hal tersebut sangat mudah yaitu dengan menyajikan menu makanan yang lebih variatif dan beragam sehingga si kecil lebih tertarik dan bersemangat untuk mengunyah makanan tersebut. Makanan yang bervariasi bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil pada masa pertumbuhannya. Selain itu, makanan yang beragam akan menghadirkan citarasa yang baru bagi si kecil sehingga tidak akan mudah bosan.

  1. Berikan makanan padat sesuai tahapan usia anak

Pemberian makanan padat untuk si kecil sebaiknya disesuaikan dengan tahapan usianya. Hal ini untuk memudahkan si kecil dalam beradaptasi dengan tekstur dari makanan baru. Pemberian makanan padat yang tidak sesuai dengan tahapan usia anak adalah salah satu hal yang menjadi pemicu si kecil mengemut makanan. Si kecil belum mempunyai kemampuan untuk mengunyah makanan dengan tekstur yang lebih keras sehingga lebih memilih untuk mengemut.

  1. Gunakan peralatan makan yang menarik

Cara lain untuk mengatasi kebiasaan si kecil dalam mengemut makanan yaitu menggunakan peralatan makan yang menarik. Gunakanlah piring atau mangkuk yang bergambar tokoh kartun kesukaanya. Cara seperti ini akan membuat si kecil penasaran dengan gambar tersebut sehingga tidak akan berlama-lama menyimpan makanan didalam mulutnya. Anak akan mempercepat proses mengunyah makanan dan tidak lagi hanya mengemut makanan tersebut.

  1. Biasakan menggunakan meja makan

Supaya si kecil terfokus untuk makan dan mengunyah makanan tersebut, sebaiknya Anda membiasakan memberi makan si kecil di meja makan. Apabila Anda membiarkan si kecil makan sambil bermain atau menonton televisi maka akan memicu kebiasaan mengemut makanan karena perhatiannya terfokus dengan benda yang dilihatnya.

  1. Menggunakan ilustrasi sambil membacakan cerita

Membacakan cerita sambil memberi ilustrasi melalui makanan merupakan salah satu solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi kebiasaan buruk si kecil. Contohnya yaitu ketika Anda menyuapi si kecil ceritakan tentang pesawat atau mobil kemudian ilustrasikan bahwa benda tersebut akan mendarat di mulutnya. Pesawat atau mobil bisa Anda ilustrasikan dengan sendok yang berisi makanan. Dengan begitu si kecil akan pansaran untuk menunggu suapan selanjutnya sehingga tidak akan membiarkan makanan berlama-lama di dalam mulutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>