Tidur Siang Memiliki Manfaat Untuk Menunjang Perkembangan Bayi

Tidur merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh setiap orang sebagai salah satu cara untuk beristirahat dari padatnya aktivitas. Pola tidur yang baik sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak hanya bagi orang dewasa, pola tidur yang teratur juga sangat bermanfaat dalam menunjang perkembangan bayi. Tidur sehat buat bayi hendaknya dijadwalkan secara teratur, baik itu pada malam hari ataupun pada siang hari. Perlu Anda ketahui bahwa bayi yang masih kecil membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

tidur siang bayi

Menerapakan kebiasaan tidur siang secara teratur pada bayi adalah cara terbaik dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa menerapkan kebiasaan tidur siang pada bayi secara teratur akan berdampak positif terhadap kemampuan bayi. Hal ini karena aktivitas tidur siang yang teratur akan menstimulasi hormon pertumbuhan bekerja dengan baik. Disamping itu tidur siang juga sangat bermanfaat untuk membuat bayi tenang sehingga fungsi otak bayi akan bekerja dengan maksimal.

Berikut Manfaat Tidur Siang Untuk Bayi

  1. Menstimulus perkembangan bayi

Salah satu manfaat tidur siang bagi bayi yang pertama yaitu untuk menstimulus pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sebuah riset mengatakan bahwa tidur siang secara teratur akan membantu mengoptimalkan perkebangan bayi menjadi lebih baik. Kondisi ini terjadi karena hormone pertumbuhan pada bayi akan mengalir lebih baik dan lebih aktif di dalam darah ketika si kecil sedang tidur siang.

  1. Meningkatkan kemampuan bayi dalam memproses informasi

Bagi bayi yang sudah berusia diatas satu tahun, tidur siang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak dalam memproses sebuah informasi. Anak-anak yang mendapatkan tidur siang secara teratur cenderung lebih ceria, tidak mudah lelah dan lebih mudah untuk memahami dan memproses sebuah informasi.

  1. Terhindar dari stres

Bayi yang mendapatkan tidur siang dengan intensitas waktu yang cukup maka akan terlihat lebih bahagia dan terhindar dari stres. Si kecil akan terlihat lebih nyaman  jarang rewel. Kondisi seperti ini tentunya akan berdampak positif terhadap tumbuh kembang bayi.

Bagi bayi, tidur adalah prioritas utama sebagai sarana untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Bayi membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak bila dibandingkan dengan orang dewasa. Apabila bayi kekurangan waktu untuk istirahat atau tidur maka perkembangannya akan berlangsung lambat dan berjalan tidak optimal. Perlu Anda ketahui bahwa perkembangan dan pertumbuhan bayi sangat bergantung pada pola tidur setiap harinya.

Tidur sangat berdampak terhadap kesehatan mental, fisik dan sistem kekebalan tubuh bayi. Pola tidur bayi biasanya akan terlihat ketika menginjak usia 4 bulan. Pada usia tersebut Anda bisa mengoptimalkan waktu istirahat untuk si kecil dengan membuat jadwal yang teratur. bayi yang baru lahir membutuhkan waktu kurang lebih 16 jam untuk tidur. Sedangkan bayi yang sudah mendekati umur satu tahun membutuhkan waktu tidur selama 14 jam. Seiring bertambahnya usia, maka waktu tidur yang dibutuhkan sangat sedikit. Seperti halnya bayi yang berusia diatas 2 tahun hanya membutuhkan waktu tidur selama 10 jam.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan fisik dan psikis, sebaiknya Anda menjadwalkan tidur siang bayi secara teratur setiap harinya. Tumbuh kembang si kecil tidak hanya dipengaruhi oleh asupan nutrisi saja, namun membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>