Waspadai Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Pada zaman modern seperti saat ini, handphone sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tidak dipungkiri bahwa ponsel memberi kemudahan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain. Namun penggunaan ponsel ternyata bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Salah satu bahaya radiasi handphone yaitu bisa menghambat perkembangan janin di dalam kandungan. Hal ini karena bayi masih sangat sensitif terhadap radiasi ataupun gangguan dari luar kandungan.

bahaya radiasi handphone bagi ibu hamil

Para ahli kesehatan menyarankan supaya membatasi penggunaan alat komunikasi tersebut  mengingat bahaya radiasi handphone bagi ibu hamil sangat besar. Dampak buruk yang ditimbulkan oleh radiasi handphone bagi perkembangan janin yaitu bisa mengakibatkan gangguan memori, mempengaruhi perkembangan janin dan menyebabkan gangguan perilaku. Anak yang dilahirkan cenderung memiliki sifat yang hiperaktif.

Pengaruh radiasi handphone mungkin tidak terlalu berdampak besar bagi orang dewasa, namun bahaya radiasi handphone bagi kesehatan janin di dalam kandungan sangat fatal. Hal ini karena otak janin masih sangat sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Radiasi yang ditimbulkan oleh handphone sangat berbahaya, terlebih lagi apabila Anda sering meletakkan handphone diatas perut pada waktu hamil. Radiasi bisa memicu kerusakan sel pada janin dan beresiko mengakibatkan keguguran jika kehamilan masih muda.

Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan Ibu Hamil Secara Umum

  • Berdampak buruk terhadap kehamilan

Kebiasaan meletakkan ponsel diatas perut pada waktu hamil akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Radiasi yang ditimbulkan dari ponsel akan berdampak buruk terhadap perkembangan otak janin dan kemungkinan besar melahirkan anak yang memiliki sifat hiperaktif. Selain itu, radiasi handphone juga sangat rentan mengakibatkan keguguran pada tahap awal kehamilan. Oleh karena itu sebaiknya Anda membatasi dan mengontrol penggunaan handphone pada waktu hamil.

  • Menurunkan daya ingat

Penggunaan ponsel yang terlalu sering dengan intensitas yang lama akan berdampak buruk terhadap daya ingat ibu hamil. Biasanya ibu hamil mudah lupa sehingga banyak kegiatan yang terabaikan. Maka dari itu bersikap bijaklah dalam menggunakan handphone supaya tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda dan janin yang ada di dalm kandungan.

  • Memicu kanker

Tidak hanya penggunaan ponsel yang terlalu lama, ternyata kebiasaan menyimpan handphone di saku baju atau celana bisa memicu kanker pada ibu hamil. Radiasi yang ditimbulkan oleh handphone akan masuk ke dalam jaringan-jaringan tubuh sehingga memicu pertumbuhan sel kanker. Salah satu kanker yang ditimbulkan oleh radiasi handphone yaitu kenker payudara. Selain itu, radiasi handphone juga termasuk zat karsinogenik yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan otak.

  • Memiliki anak yang hiperaktif

Menggunakan alat komunikasi sesuai dengan keinginan Anda memang tidak ada larangan, namun dalam hal ini Anda harus memperhatikan dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh alat tersebut. Terlebih lagi bagi Anda yang sedang hamil, penggunaan handphone sebaiknya dibatasi supaya tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan perkembangan janin. Radiasi handphone bisa berdampak buruk terhadap perilaku janin sehingga ketika tumbuh dewasa, anak akan cenderung memiliki sifat yang hiperaktif.

Demikian bahaya radiasi handphone bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Maka dari itu, bersikap bijaklah dalam menggunakan alat komunikasi tersebut dengan cara membatasinya. Sebaiknya Anda menggunakan alat komunikasi tersebut seperlunya sehingga tidak akan setiap waktu terkena paparan radiasi. Selain itu jangan membiasakan meletakkan ponsel diatas perut tau di dekat kepala pada waktu tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>